Skip to main content

Pemupukan Pada Tanaman Ubikayu

Sumber Gambar: http://www.investor.co.id
Pemupukan untuk menghasilkan benih dalam bentuk stek dilakukan secara bertahap dan berbeda untuk tiap jenis/tahap pembibitan. Untuk pembibitan dari stek langsung (15-25 cm) dan tanam pindah dari pesemaian/perkecambahan stek dua mata dan stek pucuk (dalam media kantong plastik) pupuk P dan 1/3 bagian pupuk N, K diberikan bersamaan tanam, sedangkan 2/3 bagian pupuk N, K sisanya diberikan pada umur 2 bulan setelah tanam. Pemupukan pesemaian untuk memproduksi stek pucuk bertujuan memacu pertumbuhan tunas dengan kondisi optimal secara periodik, sehingga diperlukan pupuk organik sekitar 5-10 t/ha di samping pupuk anorganik, Pemupukan K dapat meningkatkan daya tahan tanaman terhadap penyakit yang disebabkan oleh bakteri (CBB). Dengan demikian pemupukan sangat diperlukan untuk mendapatkan benih bermutu tinggi. Takaran pupuk 45-60 kg N, 20-30 kg P205 dan 45-60 kg K20/ha untuk pesemaian dan 60-75 kg N, 30-40 kg P20s dan 60-75 kg K20/ha untuk memproduksi benih berupa stek 20-25 cm.

Sumber : - Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan dan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Teknologi Produksi Benih Ubikayu dan Ubijalar, Tahun 2000, Bogor.

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Kehidupan

Tanah yang subur, di wilayah barat sungai serayu. Di Desa mungil dari kasih seorang yang ibu yang bernama Supriyanti. di situ lahirlah seorang bayi yang bahagia (1983), di besarkan dengan kasih sayang dari seorang kakek sebagai tulang punggung keluarga besar. Kakek yang dulunya kuat, kokoh, tegar, bertanggungjawab. Disitulah didikan demi didikan baik saya peroleh. Sekolah, Mengaji itulah jasa beliau, kakek... aku rindu padamu.... setelah mulai beranjak umur saya 16 tahun saya pindah ikut dengan ibu dan bapakku dan melanjutkan skolah di SMK. Tak terasa tiga tahun sangat cepat berlalu, berbagai ilmu keterampilan telah aku dapatkan dan ku rasa saya sudah siap untuk berkerja, maka sambil menguji diri beranjaklah aku pergi ke Surabaya untuk berkerja, Tepatnya Di Sidoarjo di sirtu saya bisa kembangkan pengalaman dan kemampuan saya di sebuah pabrik, selama setahun. saya sering di hantui dengan pemikiran-pemikiran yang di luar tujuan saya, dan saya berpikir bahwa "ini bukan dunia saya, k

MENANAM JAHE MERAH MUNGKINKAH JADI MILYUNER ?

Menanam Jahe Merah Mungkinkah Jadi Milyuner ? , judul tulisan ini  koq seperti yang pesimistis ya…tenang dulu.  Bagi saya, lebih baik judul itu yang dipakai, daripada terlalu bombastis.   Judul itu pun bukan berarti tanda seseorang yang pesimistis kan ?  Saya hanya ingin mengajak anda bersikap realistis, menentukan target dulu, mempelajari dan memperhitungkan dulu segala sesuatunya sebelum anda bercita-cita menjadi milyuner dari  menanam jahe merah.  Silahkan baca lanjutan tulisan ini… Jahe Merah (Nama ilmiah : Zingiber officinale var.rubrum) Sekarang siapa sih yang tidak kenal JAHE. Tanaman yang sangat populer di Indonesia, sekoteng, bandrek dan wedang adalah beberapa produk minuman yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Hampir setiap malam, terutama di daerah perkotaan, kita sering disapa oleh para penjual keliling minuman tersebut. Atau sekarang coba tengok kalau kita pergi ke mini market atau swalayan, selalu ada produk-produk dengan bahan dasar jahe yang mejen

Budidaya Jagung dan Panduan Lengkap Cara Menanamnya

  A.    Lokasi Penanaman Tanaman jagung adalah tanaman yang  memiliki tingkat fotosintesis tinggi, jadi sangat memerlukan cahaya matahari. Maka lokasi yang baik untuk Budidaya Jagung adalah areal yang terbuka berupa sawah atu ladang yang tidak terlindung dari cahaya matahari. Lokasi untuk budidaya tanaman jagung sebaiknya tidak tergenang air, namun memiliki kadar air yang cukup. Selain itu, dalam pemilihan lokasi untuk tanaman jagung , sebaiknya harus sesuai dengan syarat tumbuh tanaman jagung , atau yang dibutuhkan oleh tanaman jagung. Sebelum kita mengenal Syarat tumbuh Baiknya anda siapkan terlebih dahulu Pupuk Hayati Bio Nano karena apa? Tanah haru benar - benar netral dari pupuk kimia supaya hasil lebih Maximal dijelaskan sebagai berikut. 1.    Susunan atau sifat tanah Sebenarnya semua jenis tanah dapat ditumbuhi jagung , namun sifat tanah yang paling dikehendaki oleh tanaman jagung adalah yang drainasenya lancar, subur dengan humus dan pupuk yang mencukupi persediaa